Laman

Senin, 20 Juni 2011

PERTANYAAN 57 APAKAH ALLAH MENERIMA SETIAP DO’A?

Allah mendengar permohonan semua orang dan menjawab panggilan orang yang menyeru namaNya. Hal ini dinyatakan dalam ayat berikut:

“Jika hambaKu bertanya tentang Aku, katakan Aku dekat (kepada mereka). Aku mengabulkan permohonan orang-orang yang memohon kepadaKu...” (Surat Al-Baqarah: 186)

Allah menyatakan dalam Al-Qur’an bahwa Dia akan menjawab do’a orang yang tertindas dan orang yang mengalami kesusahan jika mereka memohon kepadaNya, asalkan mereka bersungguh-sungguh dan tulus dengan apa yang dimintanya.
Namun mesti diingat bahwa orang tidak selalu mengetahui apa yang baik dan apa yang buruk bagi dirinya. Sesuatu yang kita anggap baik bagi diri kita mungkin sebenarnya buruk.
Allah mengetahui bahwa kita tidak tahu betul apa yang baik bagi kita dan Dia mengatur segalanya. Karenanya, Dia kadang menolak untuk mengabulkan suatu do’a. Namun kemudian memberikan yang lebih baik dari itu jika saatnya telah tepat. Lagipula, manusia cenderung tergesa-gesa dan kadang terlalu semangat untuk mendapatkan segera apa-apa yang diinginkannya. Oleh sebab itulah, Allah menunda pengabulan terhadap permohonannya. Dengan demikian, orang yang berdo’a harus bersabar dan menanti kedatangan rahmatNya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar